110 Peserta Ikuti Audisi Sinden Idol di Semarang

Kamis, 29 November 2012 | 13:47

BINTANG HP/PANITIA

Berita Terkait

Sebanyak 110 peserta mengikuti audisi Sinden Idol wilayah Semarang di auditorium Radio Republik Indonesia (RRI) Stasiun Semarang, Kamis (29/11). Semarang merupakan wilayah terakhir audisi pada kegiatan yang diselenggarakan atas kerja sama Universitas Negeri Semarang (Unnes), Pemerintah Provinsi Jawa Tengah, dan Ikatan keluarga Alumni (IKA) Unnes ini.

Rektor Unnes Prof Sudijono Sastroatmodjo sangat mengapresiasi audisi di Semarang yang paling banyak pesertanya dibanding wilayah audisi lainnya. “Ini adalah bukti saudara begitu menaruh perhatian besar kepada seni dan budaya tradisional Jawa,” tuturnya.

Prof Sudijono juga mengatakan, Sinden Idol merupakan langkah nyata Universitas Konservasi untuk melestarikan dan mengembangkan budaya lokal. “Konservasi budaya merupakan salah satu hal yang harus dipegang teguh, karena sejatinya setiap kita adalah pelaku budaya,” ungkapnya.

Tidak hanya dari Kota dan Kabupaten Semarang, peserta audisi juga berasal dari berbagai kabupaten lain, seperti Blora, Demak, Kendal, hingga Ponorogo Jawa Timur.

Sebelumnya, audisi juga diselenggarakan di Wonogiri, Pati, Magelang, Kebumen, dan Tegal. Pada wilayah Magelang, tiga orang yang berhak maju ke ajang semi final adalah Dhesy Purnawati, Sutarmi, dan Iga Wahyu Cita Dewi. Wilayah Kebumen diraih Eka Suranti, Galuh, Windy. Wilayah Tegal diwakili Eli, Rina Murgiasih, dan Evi Agustina.

Karantina dan Final

Setelah didapat masing-masing tiga orang terbaik dari wilayah audisi, Jumat (30/11) dan Sabtu (1/12) mereka akan dikarantina di kampus Sekaran. Selama karantina itu, kedelapan belas peserta dari enam wilayah audisi akan dibekali dengan berbagai materi, termasuk hal-hal yang terkait dengan dunia persindenan.

Pada Sabtu (1/12) pukul 19.00, peserta akan menjalani babak semi final di gedung B6 Fakultas Bahasa dan Seni (FBS) Unnes. Pada tahap ini, akan dieliminasi 8 peserta dan menghasilkan 10 orang yang berhak maju ke babak final. Adapun final akan dilaksanakan Minggu (1/12) pukul 19.00 di auditorium kampus Sekaran.

Dijadwalkan, final akan dihadiri Gubernur Jawa Tengah Bibit Waluyo, bupati dan wakil bupati dari berbagai wilayah audisi, unsur pimpinan Unnes, seniman, dan budayawan. Turut memeriahkan Gareng Ngesti Pandawa dan Endah Laras yang akan memandu acara.

Diunggah oleh :
Editor: Dhoni Zustiyantoro

3 Komentar untuk “110 Peserta Ikuti Audisi Sinden Idol di Semarang”

  1. setjen DPP IKA UNNES

    Kamis, 29 November 2012 | 14:40

    delapanbelas wakil wilayah audisi , SELAMAT !! Anda semua adalah yang terbaik dari masing2 wilayah. Jadilah yang terbaik, dan akan mewarnai jagad sinden Nuswantoro. Salam sukses untuk semua panitia audisi lokal, mulai Wonogiri – Pati – Kebumen – Magelang – Tegal dan Semarang.

  2. setjen DPP IKA UNNES

    Kamis, 29 November 2012 | 19:00

    Selamat untuk yang terakhir masuk nominasi dari wilayah Semarang, yaitu :
    Rendra Vitta , Puri Dewi dan Nova Kristin..

  3. walujo

    Selasa, 4 Desember 2012 | 11:13

    Sinden idol telah berakhir, selamat kepada para pemenang, yang belum menang jangan berkecil hati. Kemarin Mbak Lina, Mbak Watik dan Mbak Ika yang menang, berikutnya insyaallah anda semua. Kepada Rektor Unnes tolong ini ditindaklanjuti dengan kegiatan pemupukan untuk bibit sinden di daerah agar Sinden benar-benar ter-konservasi. selamat Unnes, IKA Unnes dan semua pemerhati sinden idol.

Tinggalkan Komentar

Copyright © 2010 Universitas Negeri Semarang | Sitemap | Kredit | Arsip| Situs Lama | Masuk log
^Back to Top