108 Siswa SD Islam Terpadu Yaumi Fatimah Belajar Lingkungan di UNNES

Rabu, 12 Oktober 2016 | 16:00 WIB


108 Siswa SD Islam Terpadu Yaumi Fatimah Belajar Lingkungan di UNNES
SIHO/HUMAS

Sebanyak 108 siswa dan 10 guru SD Islam Terpadu (IT) Yaumi Fatimah Pati, Kudus, dan Juwana mengunjungi Universitas Negeri Semarang (UNNES) untuk belajar tentang lingkungan, Rabu (12/10).

Kepala Sekolah SD IT Pati Dian Asri Kusumaningrum SPsi menyampaikan, siswa kelas 5 dan enam tiga sekolah ini satu yayasan untuk melakukan Program Pengenalan Lingkungan (PPL). Di SD kami memang ada mata pelajaran PPL satu tahun dua kali. Semester pertama diluar kota dan semester kedua didalam kota.

Hari ini (Rabu) ber PPL di UNNES untuk melakukan pendidikan karena siswa selain melihat langsung juga bisa praktik, berbeda jika siswa kunjungan ke perusahaan hanya melihat saja.

Penanggung Jawab Omah Keboen Dr Margareta MSi menyampaikan, SD IT ini ingin belajar di lingkungan di UNNES tentang lingkungan. Di Omah Keboen ini siswa bisa kegiatan wisata, pembelajaran dan kewirausahaan.

Ada lima kelompok di Omah Keboen ini yakni Jelajah Alam Sekitar, Rumah Sains, Outbound, Penangkaran Kupu-kupu, dan Kerajinan Tulang Daun.

SD IT Yaumi Fatimah ini mengambil tiga kelompok yakni Jelajah Alam Sekitar, siswa diajak membangun konsep secara ilmiah, mengekplorasi Kebun Wisata UNNES, mengenal keanekaragaman hayati baik Flora dan Faona.

Kedua penangkaran kupu-kupu, siswa dijelaskan tentang mengenal kupu-kupu lebih dekat, teknik penangkaran, dan teknik pembuatan insektarium khususnya dari bahan kupu-kupu.

Ketiga kerajinan tulang daun, yakni siswa diajak pratik atau dilatih cara membuat tulang daun, kemudian dibuat aksesoris kali ini siswa membuat gantungan kunci. Tidak hanya itu, tulang daun juga bisa dibuat lukisan, poto diri, karikatur, logo, dan lainnya.


DIUNGGAH : Sihono Dibaca : 378 kali
EDITOR : Lintang Hakim

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *