1.750 Mahasiswa Baru Unnes Kuliah Gratis

Rabu, 27 Februari 2013 | 10:58 WIB


Sedikitnya 1.750 mahasiswa baru Universitas Negeri Semarang (Unnes) bakal kuliah tanpa mengeluarkan uang serupiah pun. Mereka bahkan akan mendapatkan bantuan biaya hidup setiap bulan selama empat tahun.

“Sudah menjadi komitmen Unnes untuk menyediakan minimal 20% bangku kuliah gratis bagi mahasiswa yang memiliki potensi akademik tinggi namun berasal dari keluarga tidak beruntung secara ekonomi,” ungkap Rektor Unnes Prof Dr Sudijono Sastroatmodjo MSi seusai membuka pembekalan dosen baru, Selasa (26/2), di kampus Sekaran.

Beasiswa sebanyak itu, lanjut Rektor, bersumber dari Beasiswa Bidikmisi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. “Di antara 95 perguruan tinggi negeri di seluruh Indonesia, kuota untuk Unnes terbanyak. Jika dihitung, jumlahnya lebih dari separo kuota untuk semua perguruan tinggi swasta di seluruh Indonesia,” katanya.

Sebagaimana bisa dibaca di laman bidikmisi.dikti.go.id, semua PTN mendapatkan kuota tersebut. Di Jawa Tengah, selain Unnes, Undip Semarang memperoleh jatah 800, ISI Surakarta 180, Politeknik Negeri Semarang 150, Unsoed Purwokerto 600, dan Politeknik Maritim Semarang 50.

Lebih lanjut Prof Sudijono mengemukakan, para penerima beasiswa tersebut selain bebas dari segala biaya kuliah selama empat tahun, setiap semester mereka mendapatkan biaya hidup sedikitnya Rp600.000.

Disebutkan pula, mereka akan diterima melalui Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) yang pendaftarannya tengah berlangsung, Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN), dan seleksi mandiri. “Di Unnes, sebagaimana proporsi penerimaan mahasiswa baru, 55% dari kuota Bidikmisi diterima lewat SNMPTN, 35% melalui SBMPTN, dan sisanya lewat Seleksi Penerimaan Mahasiswa Unnes (SPMU) yang merupakan seleksi mandiri,” katanya.

Ditanya tentang kriteria tidak mampu secara ekonomi, Rektor menjelaskan, pendapatan kotor gabungan kedua orang tua/wali tak lebih dari Rp3 juta/bulan. “Pendapatan gabungan orang tua jika dibagi dengan jumlah anggota keluarga tidak lebih dari Rp700.000,” tambahnya.


DIUNGGAH : Sucipto Hadi Purnomo Dibaca : 4.906 kali
EDITOR : Sucipto Hadi Purnomo

18 komentar pada “1.750 Mahasiswa Baru Unnes Kuliah Gratis

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *