1.670 Mahasiswa Unnes Terima Beasiswa Bidikmisi

Selasa, 28 Agustus 2012 | 22:17 WIB


1.670 Mahasiswa Unnes Terima Beasiswa Bidikmisi
SONYA HELEN SINOMBOR/KOMPAS

SEMARANG, KOMPAS.com — Rektor Universitas Negeri Semarang (Unnes) Prof Sudijono Sastroatmodjo, menyerahkan beasiswa Bidikmisi kepada 1.670 mahasiswa baru penerima beasiswa tersebut, Selasa (28/8/2012) di Semarang, Jawa Tengah. Beasiswa sebesar Rp 600.000 per bulan tersebut diharapkan menjadi modal hidup para mahasiswa yang berasal dari keluarga yang tidak mampu secara ekonomi.

Penyerahan buku tabungan dilaksanakan di Auditorium Unnes yang dihadiri seluruh penerima beasiswa Bidikmisi yang diterima sebagai mahasiswa baru di berbagai fakultas. Jumlah total penerima beasiswa Bidikmisi tahun ini 1.750 mahasiswa, namun sebanyak 80 penerima beasiswa tersebut masih dalam proses verifikasi.

Sudijono berharap, penerima beasiswa Bidikmisi benar-benar memanfaatkan bantuan pendidikan tersebut, serta menunjukkan prestasi akademik yang membanggakan. Saat menyerahkan secara simbolis kepada perwakilan mahasiswa, Sudijono bertanya kepada para mahasiswa apakah sanggup untuk mempertahankan prestasi hingga selesai kuliah. “Kalian harus menunjukkan prestasi,” ujarnya.

Sebelum penyerahan simbolis, sejumlah mahasiswa penerima beasiswa Bidikmisi tahun 2011 menyampaikan testimoni mengenai manfaat beasiswa yang mereka terima. Setelah menjalani kuliah, beberapa di antaranya menunjukkan prestasi yang memuaskan.

Selain meraih indeks prestasi 4.0, sejumlah penerima beasiswa Bidikmisi juga menunjukkan sejumlah prestasi akademik maupun prestasi lainnya, seperti meraih medali emas dalam Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (Pimnas).

Ketua Pantia Penyerahan Beasiswa Bidikmisi Unnes Alamsyah menyampaikan, para mahasiswa penerima beasiswa Bidikmisi diseleksi baik dari jalur undangan, jalur ujian tertulis, dan Seleksi Penerimaan Mahasiswa Unnes.

Ia menyebutkan, animo mahasiswa yang mendaftar di jalur Bidikmisi pada tahun ini sangat tinggi. Karena itu kuota beasiswa Bidikmisi untuk 1.450 mahasiswa tahun ini tidak cukup, sehingga Unnes meminta tambahan sebanyak 300 beasiswa lagi hingga jumlahnya menjadi 1.750 beasiswa. “Unnes tertinggi dalam jumlah penerima beasiswa Bidikmisi se-Indonesia,” kata Sudijono. (Kompas.com)


DIUNGGAH : Dhoni Zustiyantoro Dibaca : 3.841 kali
EDITOR : Dhoni Zustiyantoro

12 komentar pada “1.670 Mahasiswa Unnes Terima Beasiswa Bidikmisi

  1. Alhamdulillah banyak yang dapat bidikmisi… 600.000 per bulan lebih dari cukup untuk hidup dan belajar di UNNES.
    dan 6jt per semester juga lebih dari cukup untuk pembiayaan perkuliahan selama 1 semester (rata2x 1jt++ untuk mahasiswa reguler kan? maaf jika salah).
    Ayo UNNES, bangun infrastruktur yang mendukung perkuliahan seperti gedung baru, laboratorium, peralatan pendukung pengajaran.

  2. bidikmisi harus ditinjau ulang, sudahkah tepat sasaran pada yang berhak, karena mayoritas keluarga yang lengkap serrta mampu masih memperoleh kuota untuk yang seharusnya lebih berhak,

  3. @mas ahmad: silakan laporkan ke Pengelola, jangan diam saja atau hanya sekedar melontarkan tuduhan. kriteria cukup menurut anda belum tentu sama dg syarat bidikmisi dan hasil seleksi/verifikasi lapangan yg dilakukan loh

  4. Selamat untuk penerima bidik Misi 2012.
    Semoga dapat digunakan sebaik-baiknya untuk menuntut ilmu dan berprestasi di UNIVERSITAS KONSERVASI ;)

  5. pngin ngjuin tpi syang d kls XII g dpat rngking krena byak jumlah nlai rpor yg sma shngga d rngking brdsarkan nomr absen. ada g y beasiswa lain bt maba???????

  6. selamat untuk pnerima bidikmisi. dan untuk maba yg menunggu proses verivikasi (termasuk saya), semoga harapannya dikabulkan.. amiiin

  7. apakah saya dapat mendaftar jalur Bidikmisi sementara sudah ditutup sejak tanggal 08 maret 2013, karena kurangnya informasi saya baru mengetahui bahwa pendaftaran ditutup kemarin.
    thanks,,

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *