1.160 Kursi Mahasiswa Baru Diperebutkan di Jalur SPMU

Rabu, 1 Juni 2011 | 20:00 WIB


Setidaknya 1.160 kursi mahasiswa baru Universitas Negeri Semarang (Unnes) akan diperebutkan melalui Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru Unnes (SPMU). Pendaftaran jalur ujian mandiri ini dibuka mulai 3 Juni hingga 2 Juli 2011 secara online.
“SPMU dibuka untuk mereka yang tidak sempat mengikuti SNMPTN maupun mereka yang belum lolos dalam seleksi secara nasional tersebut. Seleksi ini juga terbuka bagi lulusan SMA atau sederajat tahun 2009, 2010, dan 2011,” kata Pembantu Rektor Bidang Akademik (PR I) Agus Wahyudin.
PR I lantas menggambarkan keketatan dalam SNMPTN yang ujian tulisnya berakhir Rabu (1/6) siang. “Pendaftar yang menjatuhkan pilihan pada Unnes dalam SNMPTN Ujian Tulis 29.119. Padahal, kursi yang diperebutkan hanya 2.590,” katanya.
Dikemukakn pula, dibandingkan dengan jalur lain, program studi dalam SPMU relatif komplet. “Semua program studi ada. Bahkan tidak hanya jenjang sarjana (S1), tetapi juga diploma 3 (D3),” katanya.
Pernyataan PR I tersebut sekaligus menggenapi informasi melalui brosur yang telah beredar yang belum menyebutkan semua prodi yang bisa dimasuki melalui SPMU. Dalam brosur tersebut sejumlah prodi kependidikan di FMIPA dan FT tidak diikukan dalam SPMU. “Semua prodi ada di SPMU. Untuk mendaftarkan informasi selengkapnya sekaligus melakukan pendaftaran secara online, silakan buka spmu.unnes.ac.id,” katanya.


DIUNGGAH : Sucipto Hadi Purnomo Dibaca : 6.346 kali
EDITOR : Sucipto Hadi Purnomo

12 komentar pada “1.160 Kursi Mahasiswa Baru Diperebutkan di Jalur SPMU

  1. ada smpu ada umb-pt bagi sebagian camaba merasa bingun tentang hal ini mungkin pihak unnes dapat memberikan informasi lebih tentang perbedaan kedua jalur ini. hal ini karena kedua jalur tersebut pendaftaran dimulai dengan waktu yang hampir sama. terima kasih

    1. UMB-PT diselenggarakan secara seminasional bersama dengan 11 PTN lain sehingga peserta bisa menempuh ujian di berbagai kota di Indonesia yang ditunjuk sebagai lokasi ujian meski Unnes menjadi pilihan, sedangkan SPMU merupakan ujian mandiri yang diselenggarakan oleh Unnes. Perbedaan lain, ada pada prodi yang disediakan. Hanya beberapa prodi yang diikutkan di UMB-PT (silakan lihat lamannya, spmb.or.id), sedangkan pada SPMU semua prodi diikutkan, termasuk D3 yang notabene tidak ada di SNMPTN (silakan terus kunjungi spmu.unnes.ac.id). Salam.

  2. Syarat-syarat ikut SPMU ald lulusan 2009-2011, kalo utk lulusan 2008 gmna, apakah ada jalur utk masuk UNNES…..??

  3. d atas dsebutkan seleksi jg terbuka u lulusan Th 2009-2011,klo lulusan Th 2008 apkh msh ada ksmptan u/ ikut seleksi??

  4. mlm admin ,saya mau nanya pesannya ko udah lama semua ya ?
    saya lagi butuh yang update tentang SPMU 2013, tapi yg ada malah 2011

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

X